Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

manfaat dan khasiat buah jeruk nipisJeruk nipis, atau di beberapa daerah disebut juga jeruk limau, memang cukup dikenal di Indoenesia. Meski memiliki rasa asam dan kecut, namun jeruk ini juga memiliki aroma yang dapat meningkatkan nafsu makan. Di beberapa daerah, jeruk nipis digunakan untuk campuran sambal, sayur, bahkan di daerah kalimantan selatan jeruk nipis sangat populer untuk soto, bakso dan mie ayam.
Ternyata, selain sekedar digunakan untuk dikonsumsi dan aroma makanan, jeruk nipis memiki banyak manfaat dan khasiat. Sebagian besar manfaatnya diperoleh dengan penggunaan jeruk nipis secara tradisional. Lalu apa saja khasiat dan manfaat buah jeruk nipis itu?
Jeruk Nipis Berkhasiat Melebatkan Rambut
Jeruk nipis ternyata digunakan sejak dahulu kala untuk melebatkan rambut. Caranya adalah dengan meramu jeruk nipis secara tradisional dengan bahan-bahan lainnya.
Cara meramu jeruk nipis untuk ramuan melebatkan rambut adalah :
Ambil satu butir telur ayam kampung, dan kocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis sampai merata. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut ke kulit kepala, dan pijat lembut hingga ramuan merata. Jika sudah merata maka diamkan beberapa saat (kurang lebih hingga 2 jam). Jika sudah, maka bersihkan dengan keramas menggunakan shampoo merang untuk hasil terbaik
Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Melangsingkan Tubuh

Ambil satu buah jeruk nipis yang sudah masak, biasanya memiliki ukuran agak besar dan berwarna kuning. Peras buah jeruk nipis tersebut dan campurkan dengan air panas (kurang lebih 1 gelas air panas), biarkan hingga dingin. Setelah dingin, minum larutan tersebut.
Asam pada buah jeruk nipis berkhasiat untuk melarutkan lemak pada tubuh, dan membuangnya keluar. Namun cara ini tidak disarankan untuk anda yang memiliki sakit asam lambung / maag.
Jeruk Nipis Bermanfaat Untuk Mengurangi Bau Ketiak
Ramuan buah jeruk nipis dan kapur sirih ternyata mampu mengurangi bau tidak sedap pada ketiak. caranya adalah, ambil 1/2 sendok makan kapur sirih dan aduk dengan air jeruk nipis dengan kekentalan cukup, tidak terlalu encer. Gunakan setelah mandi dengan cara gosokkan pada ketiak anda. Tunggulah hingga kering baru kemudian anda dapat menggunakan pakaian.
Irisan Jeruk Nipis Untuk Menipiskan Kulit Kapalan
Irisan buah jeruk nipis juga berkhasiat untuk menipiskan kapalan pada kulit. Caranya sangat mudah, cukup gosok-gosok irisan kulit nipis pada kulit anda yang kapalan secara rutin. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan untuk anda yang memiliki tumit kasar dan ingin menghaluskannya.
Manfaat Buah Jeruk Nipis Bagi Wanita yang Baru Melahirkan
Buah jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat bagi wanita yang baru saja melahirkan atau sudah pernah melahirkan. Manfaat jeruk nipis ini antara lain untuk mengecilkan peranakan dan menjaga agar perut tidak kendor (mengencangkan perut).
Untuk mengecilkan dan mengeringkan peranakan, caranya cukup mudah. Cukup tambahkan air jeruk nipis dan sedikit kapur sirih pada parem perut (tapel), dan dilakukan setiap hari selama 40 hari. Jika rutin dilakukan, maka perut akan kembali langsing seperti sebelum hamil dan melahirkan. Cara ini akan berhasil dengan lebih cepat lagi disertai dengan minum campuran air jeruk nipis, garam dan sedikit air kapur sirih yang sudah di rendam dengan air masak.
Sementara untuk wanita yang memiliki perut kendur dan ingin mengencangkannya kembali, cukup oleskan ramuan jeruk nipis, minyak kayu putih dan kapur sirih ke perut setiap pagi dan sore hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s