Pengolahan Ubi Jalar Menjadi Tepung

index

Tepung ubi jalar dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan berbagai jenis kue, baik sebagai bahan campuran maupun sebagai bahan utama tanpa dicampur. Lagi pula, “cake” dari ubi jalar dapat diterima konsumen (rasanya disukai, warnanya cukup menarik) dan dapat menghemat penggunaan gula pasir sebesar 20%. Pengembangan agro-industri pengolahan ubi jalar selain dapat mendorong penganekaragaman pangan, meningkatkan nilai tambah ubi jalar, juga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Ubi Jalar merupakan tanaman palawija sumber karbohidrat yang cukup potensial sebagai bahan penganekaragaman pangan dan agroindustri. Selain sebagai sumber karbohidrat, ubi jalar juga kaya akan vitamin A dan C serta mineral Ca. Cara budidayanya yang mudah, daya adaptasi cukup luas dan telah dibudidayakan di seluruh wilayah Indonesia.

Pengolahan ubi jalar menjadi bentuk setengah jadi misalnya sawut, chip, tepung, dan pati sangat memungkinkan komoditas ini dapat disimpan lebih lama dan lebih praktis sehingga kesinambungan penyediaan bahan baku bagi industri pengolahan lebih lanjut (bentuk jadi) menjadi lebih terjamin.

Tepung ubi jalar dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan berbagai jenis kue, baik sebagai bahan campuran maupun sebagai bahan utama tanpa dicampur. “Cake” dari campuran 50% tepung ubi jalar dengan 50% tepung terigu dapat dikembangkan pada industri skala kecil maupun menengah karena produk tersebut dapat diterima konsumen (rasanya disukai, warnanya cukup menarik) dan dapat menghemat penggunaan gula pasir sebesar 20%. Pengembangan agro-industri pengolahan ubi jalar menjadi produk-produk setengah jadi maupun produk jadi selain dapat mendorong penganekaragaman pangan diharapkan juga dapat meningkatkan nilai tambah ubi jalar serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Proses pembuatan tepung ubi jalar

  1. Umbi dibersihkan dari tanah dan kotoran.
  2. Kulitnya dikupas/dilepas dari umbinya.
  3. Disawut (diiris tipis-tipis).
  4. Sawut direndam dengan larutan kapur.
  5. Dikeringkan dengan matahari/oven.
  6. Sawut kering digiling.
  7. Tepung Bija (Ubi Jalar).

Tepung bija dapat digunakan langsung untuk keperluan sehari-hari seperti membuat kue atau jajanan. Bisa juga dikemas sedemikian rupa lalu dijual ke pasaran.

2 thoughts on “Pengolahan Ubi Jalar Menjadi Tepung

  1. evoel amrie mengatakan:

    wah..! inovasi yg bagus tuh,… semoga inovasinya bisa cepat di kembangkan dan prduknya sudah bisa kita nikmati…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s