Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

bym

Siapa yang tak kenal dengan bayam. Selain rasanya yang lezat, bayam pun mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan manfaat bayam, Anda juga bisa mengurangi resiko terkena beberapa penyakit.

    Bayam diketahui memiliki kandungan hampir 20 persen dari kebutuhan serat makanan untuk tubuh. Hal ini sangat baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mengontrol kadar gula darah, dan juga baik untuk diet.

    Selain itu, bayam juga diketahui mengandung flavonoid yakni sebuah phytonutrisi dimana memiliki anti kanker didalamnya. Bayam dikenal memiliki perlindungan untuk tubuh yang sangat baik untuk mencegah terkena resiko kanker prostat.

    Tidak hanya itu. Vitamin C dan E, betakaroten, mangan, seng dan selenium pun terdapat dalam sayuran yang satu ini. Antioksidannya mampu mencegah timbulnya osteoporosis, atherosclerosis dan tekanan darah tinggi.

    Bayam juga memiliki kandungan yang baik untuk mata. Karena bayam mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mampu melindungi sel lensa manusia dari paparan sinar UV, yang merupakan penyebab utama terjadinya penyakit katarak.

    Vitamin A yang terkandung dalam bayam juga baik untuk kulit dan mampu mempertahankan kelembapan. Dengan begitu, Anda pun akan mampu mencegah munculnya jerawat, keriput, sampai mencegah terjadinya penuaan dini.

    Bayam juga mengandung vitamin K yang sangat baik untuk tulang dan mampu mencegah osteoporosis, serta mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Vitamin K juga memiliki peran untuk kesehatan sistem saraf dan fungsi otak.

    Zat besi juga merupakan salah satu keistimewaan bayam. Zat ini penting untuk pembentukan sel darah merah agar Anda tidak kekurangan darah atau anemia. Dengan segudang manfaat bayam, tidak salah jika Anda memilih sayuran hijau yang satu ini untuk menu makanan sehari-hari Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s