Berbagai Khasiat Bunga Sedap Malam Yang Harus Anda Ketahui

78afaacbba3bca41a1ce9f675afbba4f_L

Mayoritas orang pasti sudah tahu bunga sedap malam. Bunga yang keharumannya tak kalah dengan bunga melati ini rupanya telah tersebar ke berbagai negara.

Perhatikan saja, di Jepang misalnya, bunga Sedap Malam digunakan sebagai lambang cinta. Di Eropa, bunga Sedap Malam kerap dilibatkan terutama dalam acara-acara penting keagamaan.

Tak hanya membangkitkan imajinasi setiap orang yang menghirup bau harum bunga sedap malam ini, ternyata bunga ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mulai dari influenza, rematik, keluhan susah tidur, dan lainnya.

Bunga Sedap Malam disebut-sebut memiliki kemampuan untuk memperkuat inspirasi artisitik seseorang disebabkan kemampuannya dalam menstimulasi otak kanan yang berhubungan dengan kreatifitas.

Dalam tinjauan ilmiah, memang baru sedikit yang diungkapkan mengenai manfaat yang terkandung dalam bunga Sedap Malam. Adapun sifat dari bunga Sedap Malam, sebagaimana ditulis oleh Prof. HM Hembing Wijayakusuma yang merupakan seorang pakar pengobatan tradisional dan tumbuh-tumbuhan berkhasiat ialah sejuk, manis, dan sedikit tawar. Tanaman ini mengandung khasiat untuk menurunkan panas dan juga menghilangkan bengkak.

Adapun bagian tanaman yang biasanya dipakai untuk obat ialah bunga dan juga akarnya. Kedua bagian tersebut bisa digunakan untuk pengobatan luar tubuh dan dalam. Dan berikut merupakan aneka resep bunga Sedap Malam yang disarankan untuk mengatasi berbagai penyakit menurut Prof. HM Hembing.

  • Bisul dan bengkak
    Bahan: akar bunga Sedap Malam.
    Cara membuat: ambillah akar Sedap Malam secukupnya kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, tumbuklah sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
  • Katarak
    Bahan: bunga Sedap Malam sekitar 50 kuntum.
    Cara membuat: rebuslah bunga-bunga tersebut dengan takaran air 1.500 cc sampai mendidih. Tunggulah sampai dingin. Setelah dingin baru kemudian digunakan untuk mencuci mata.
  • Penenang pikiran, susah tidur, dan penambah darah
    Bahan: lumayan banyak bahan-bahannya dan tak hanya menggunakan Sedap Malam saja. Siapkan 30 kuntum bunga Sedap Malam, 15 gram kie cie yang bisa dibeli di toko obat China, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 gram jahe, 1-2 buah hati ayam, merica, garam. Cara membuat: pertama-tama, irislah bawang putih dan merah. Kemudian tumis semua bahan menggunakan minyak goreng non-kolesterol dan tambahkan tepung tapioca yang telah diencerkan secukupnya. Masaklah sampai matang.
  • Meningkatkan stamina
    Bahan: 50 kuntum bunga Sedap Malam, 50 gram kacang kapri, 100 gram udang, 1 butir telur ayam, 10 gram jahe, 2 siung bawang putih.
    Cara membuat: tumislah semua bahan dengan menggunakan minyak goreng non-kolesterol, tambahkan juga tepung maizena yang telah diencerkan. Kemudian masaklah sampai matang.
  • Influenza
    Bahan: 20 gram akar Sedap Malam, 15 gram jahe, 2 gram batang daun bawang putih, dan 600 cc air.
    Cara membuat: rebuslah semua bahan-bahan tersebut dalam air sampai sisanya tinggal separuh (300 cc). Kemudian air rebusan itu diminum dua kali masing-masing 150 cc.
  • Radang tenggorokan
    Bahan: 20 gram akar Sedap Malam, 25 gram sambiloto segar dan 600 cc air putih.
    Cara membuat: rebuslah bahan-bahan tersebut dengan air putih sampai tersisa setengahnya. Setelah itu, kemudian saring dan minumlah dua kali sehari masing-masing 150 cc.
  • Rematik
    Bahan: 30 gram akar bunga Sedap Malam, 20 gram jahe merah, gula merah secukupnya, dan 400 cc air.
    Cara membuat: rebuslah bahan-bahan bersama 400 cc air sampai mendidih. Kemudian saring dan bagi menjadi dua bagian untuk diminum dua kali dalam sehari.

Ramuan-ramuan yang menggunakan bunga Sedap Malam tersebut bisa Anda gunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagaimana dijelaskan di atas. Namun. sebagaimana disarankan oleh Prof. HM. Hembing sendiri bahwa untuk pengobatan penyakit berat tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s