Mekanisasi Pertanian

Penggunaan alat mekanisasi sendiri mendapat padangan pro dan kontra dari masyarakat, banyak asumsi bahwa dengan adanya mekanisasi mengakibatkan bertambah tingginya angka pengangguran, karena tenaga-tenaga manusia tergantikan oleh tenaga-tenaga mesin. tetapi satu hal yang harus kita sadarai bahwa tuntutan akan hasil produksi yang maksimal untuk memenuhi kebutuhan pasar juga semakin meningkat, artinya harus ada usaha peningkatan dari para petani.

Dengan tenaga manusia mampu mencangkul dengan kedalaman 15-20 centimeter dalam waktu 500 jam per hektar. kalau jam kerja sehari 8 jam berarti 62,5 hari/ha. Dengan tenaga hewan mampu mengolah tanah sedalam 25 centimeter dalam waktu 60 jam per hektar dengan jam kerja 4-6 jam per hari, berarti dalam 1 ha diperlukan waktu pengolahan sekitar 10 hari. sedangkan denan menggunakan handtraktor mampu mengolah tanah sedalam 25 cm dalam waktu 20 jam per hektar (2,5 hari/ha) atau 4 jam dengan traktor besar (0,5 hari/ha). Dari data tersebut diketahui bahwa efesiensi waktu pengolahan lahan dengan menggunakan alat mekanisasi lebih baik dan bukan hanya efesiensi waktu, tetapi juga tenaga serta biaya.

Bagaimanapun kita tidak dapat menghindari akan perkembangan teknologi terutama dibidang pertanian, artinya sebagai masyarakat tani kita juga harus mengikuti perkembangan teknologi baik dibidang mekanisasi dan budidaya. Dengan makin majunya teknologi pertanian maka harus ada sebuah kesiapan untuk menerima dan mengaplikasikan teknologi tersebut secara bijaksana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s