Pengaruh Permainan Online pada Perilaku Dunia Nyata

Meskipun game online secara umum telah disebut-sebut sebagai bentuk gangguan terhadap pekerjaan dan dianggap tidak memiliki nilai yang nyata, studi terbaru telah berhasil menunjukkan sebaliknya.

Para peneliti telah menemukan bahwa jumlah waktu yang dihabiskan pemain di game online bisa menjadi faktor utama yang mempengaruhi motivasi mereka dalam hubungan kerjasama dan prestasi. Hal ini sebagian disebabkan karena perancang game semakin membuat game yang lebih terbuka. Hal ini juga disebabkan karena pemain semakin terlibat dalam permainan sedemikian rupa sehingga muncul keyakinan bahwa mereka adalah karakter game tersebut, aktif membuat pilihan setiap hari yang memiliki efek besar pada pembangunan karakter mereka sendiri.

Inilah sebabnya mengapa game online memiliki pengaruh lebih banyak terhadap perilaku seseorang dibandingkan dengan kegiatan seperti menonton TV atau membaca. Kegiatan seperti membaca atau menonton TV diklasifikasikan sebagai kegiatan pasif: Itulah sebabnya dikatakan bahwa orang tidak dapat membuat keputusan untuk mempengaruhi suatu hasil dari kegiatan tersebut. Keterlibatan aktif dalam game memungkinkan pemain mengambil bagian yang menentukan bagaimana karakter mereka akan berakhir, dan karena kerjasama adalah faktor utama yang menentukan sejauh mana pemain terlibat dalam permainan, pemain lebih cenderung untuk bekerja sama, serta lebih memiliki kesadaran bersosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s