Manfaat Daun Seledri

Manfaat Daun Seledri – Seledri atau dalam bahasa latin disebut Apium graveolens L. adalah suatu jenis sayuran atau tanaman yang sudah sangat lama dikenal untuk pengobatan tradisional. Tidak hanya daunnya saja yang memiliki khasiat, akar, buah dan biji seledri pun dapat digunakan sebagai obat. Biasanya daun seledri dipakai untuk memperkaya cita rasa sajian atau kaldu. Sup dan bubur ayam kurang lengkap rasanya jika tanpa taburan daun seledri di dalamnya.

Manfaat Daun SeledriDaun seledri mempunyai manfaat yang sangat banyak di bidang kesehatan dikarenakan daun seledri kaya akan vitamin C, provitamine A, vitamin B, vitamin E, vitamin K, beta-karoten, magnesium, fosfor, besi, mangan, natrium, kalium, sulfur dan kalsium. Tanaman seledri ini sudah dikenal sejak sejarah awal Mesir, Yunani dan Romawi sebenarnya termasuk jenis sayuran yang diambil batangnya. Tetapi dalam kesusastraan kuno terdapat dokumen yang menyebutkan seledri atau tanaman sejenisnya telah ditanam guna keperluan pengobatan sejak 850 Sebelum Masehi. Berikut ini merupakan manfaat daun seledri dalam bidang kesehatan :

 

 

 


1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Daun seledri oleh masyarakat Tiongkok tradisional sejak lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Daun seledri dapat menurunkan tekanan darah karena adanya kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Efek tersebut akan menjadi lebih besar berkat adanya komponen Pthalide yang dapat merilekskan pembuluh darah.
2. Dapan menurunkan kadar kolesterol darah
Daun seledri juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Hal ini dikarenakan daun seledri mengandung Fitosterol, yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Di samping berfungsi untuk mencegah kanker dan membentuk permeabilitas kulit yang baik. Seledri juga bermanfaat untuk memelihara kebersihan mulut dan kesehatan gigi terutama bagi lanjut usia.
3. Dapat sebagai obat turun panas
Masyarakat pedesaan telah lama memanfaatkan daun seledri sebagai obat untuk menurunkan panas dengan cara mengoleskan tumbukan daun seledri ke kepala anak yang terserang demam. Air perasan seledri yang mempunyai sifat mendinginkan dipercaya dapat mendinginkan kepala. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, air perasan daun seledri dapat sekaligus menyuburkan dan menghitamkan rambut serta tidak mempunyai efek samping.

Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, sebaiknya anda memiilih daun seledri yang warnanya terlihat masih hijau dan berjenis besar serta masih segar. Untuk menyimpannya usahakan bungkus dengan plastik lebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Untuk obat yang diminum, rebus 30-40 lembar daun seledri, lalu air rebusannya diminum. Jika anda suka jus, cukup dengan 3 – 5 tangkai dan sebaiknya dikombinasi dengan buah untuk mengurangi rasa langu serta diminum 2 kali sehari. Dalam keadaan mentah, Seledri dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Sedangkan untuk pemakaian luar, giling daun seledri segar sampai halus, lalu turapkan pada bisul dan bagian tubuh yang meradang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s